Senin, 13 Desember 2010

LAPORAN PRAKTIK MENGAJAR 2


BAB I
PENDAHULUAN

A.              Pengertian Praktek Mengajar II
Praktek Mengajar II (PM II) adalah salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh setiap Mahasiswa Jurusan Tarbiyah pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palangka Raya, yang akan menyelesaikan studinya. Praktek Mengajar II (PM II) adalah salah satu dari kegiatan intrakurikuler yang akan dilaksanakan dengan cara terbimbing berbentuk latihan mengajar secara langsung terjun ke lapangan. Proses pelaksanaan PM II didahului terlebih dahulu dengan mengadakan observasi untuk mengetahui seluk-beluk di tempat Praktek.
Praktek Mengajar II (PM II) merupakan ajang bagi Mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh selama mengikuti kegiatan perkuliahan sehingga Mahasiswa tidak hanya memiliki teori - teori pembelajaran, akan tetapi mampu mengaktualisasikannya dalam kegiatan pembelajaran yang sesungguhnya. PM II ini bertujuan untuk membentuk sikap dan keterampilan dalam rangka pembentukan tenaga yang profesional untuk menghadapi kemajuan era globalisasi dan informasi.
Bagi Mahasiswa memprogramkan Praktek Mengajar II, maka diharuskan telah lulus Praktek Mengajar I (PM I) atau Micro Teaching yang juga berbobot 2 SKS. Praktek Mengajar I merupakan bagian integrasi dari Praktek Mengajar II. Praktek Mengajar II merupakan pengaplikasian dari Praktek Mengajar I dalam melatih keterampilan yang sudah ada untuk diterapkan di sekolah.
Adapun proses pembimbingan Praktek Mengajar II dilakukan oleh 2 (dua) orang pembimbing, yaitu Pembimbing I yang bertugas untuk memberikan pengarahan kepada mahasiswa dalam menyusun pembuatan Rencana Pembelajaran dan Pembimbing II bertugas untuk memberikan bahan atau materi pembelajaran untuk kegiatan Praktek Mengajar.

B.       Fungsi dan Tujuan Praktek Mengajar II
1.    Fungsi Praktek Mengajar II
Dengan melaksanakan Praktek Mengajar II diharapkan dapat berguna untuk membentuk tenaga calon guru yang tidak hanya memahami teori-teori pembelajaran, akan tetapi juga mampu menerapkannya dalam pelaksanaan pembelajaran, sehingga terbentuk calon guru yang terampil, berpengetahuan serta berpengalaman yang pada akhirnya menjadi seorang guru yang protesional dam mempunyai kompetensi yang baik.
Dengan melaksanakan Praktek Mengajar II ini diharapkan agar Mahasiswa sebagai seorang calon guru khusus agama Islam dapat menjadi panutan bagi masyarakat dimana dia berada.
2.    Tujuan Praktek Mengajar II
Adapun yang menjadi tujuan dari pelaksanaan Praktek Mengajar II yang dilaksanakan oleh sekolah tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palangka Raya adalah sebagai berikut:
1.      Agar Mahasiswa memiliki kemampuan dan pengetahuan yang diperlukan bagi protesinya sebagai calon guru.
2.      Membentuk sikap profesionalisme sebagai calon guru.
3.      Untuk melahirkan Mahasiswa yang terampil dalam pengembangan materi, keterampilan dan metode dalam mengajar.
4.      Agar Mahasiswa memiliki kemampuan dan pengetahuan khusus dalam bidang pendidikan.
5.      Untuk mengetahui dan memahami strategi mengajar Bahasa Inggris maupun pelajaran umum.
6.      Memperluas wawasan pengetahuan dan pengalaman sebagai calon guru.
C.      Kedudukan dan Status
1.    Kedudukan
Program pengajaran micro dikelola oleh Pusat Pengembangan Sumber Belajar dan Praktikum (PPSBP) yang secara operasional dilaksanakan oleh Tim Praktek Mengajar I (Micro Teaching) yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Ketua STAIN Palangka Raya. Dalam pelaksanaannya melibatkan sejumlah Dosen Pembimbing masing – masing kelompok atau mahasiswa.
2.    Status
Praktek Mengajar II (PM II) merupakan Mata Kuliah wajib bagi Mahasiswa Jurusan Tarbiyah STAIN Palangka Raya untuk Program Strata Satu (S-1) dengan beban 2 SKS.


BAB II
PELAKSANAAN PRAKTEK MENGAJAR II

A.      Orientasi
Sebelum pelaksanaan Praktek Mengajar II dimulai, terlebih dahulu diadakan orientasi sebagai langkah awal dalam melaksanakan Praktek Mengajar II. Orientasi ini dibedakan menjadi dua bagian sebagai berikut:
a.    Orientasi Panitia dengan Pembimbing 1 dan Pembimbing II
Orientasi yang dilaksanakan oleh panitia dengan Pembimbing I dan Pembimbing II ini membicarakan tentang kebijakan penyelenggaraan, prosedur dan mekanisme pelaksanaan Praktek Mengajar II.
b.    Orientasi Panitia dengan Mahasiswa
Orientasi ini dilaksanakan oleh panitia dan Mahasiswa praktikan yang berisikan antara lain; penjelasan materi, keterampilan, sistem dan prosedur dalam Praktek Mengajar II.
Orientasi ini bertujuan untuk mengurangi beda pendapat antara panitia dengan pembimbingan II serta bagi Mahasiswa dapat menanyakan kepada panitia tentang hal-hal yang belum diketahui.
B.       Observasi Sekolah
Observasi merupakan salah satu yang harus dilakukan oleh setiap Mahasiswa sebelum melaksanakan Praktek Mengajar II di sekolah tempat pelaksanaan praktek yang dimulai sejak kami diantar tanggal 8 Oktober 2010 oleh panitia di SMAN 2 Palangka Raya yang beralamat di Jl. K.S.Tubun No. 2 Palangka Raya. Kami melakukan observasi kami memerlukan 1 minggu karena dalam observasi kami terlebih dahulu menyusun jadwal piket, jadwal ngajar dan materi yang akan dipelajari sebelum kami masuk dalam tahap Pelaksanaan Praktek Mengajar II.
C.    Pelaksanaan Praktek Mengajar II
Sebagaimana telah diuraikan pada Bab I bahwa pelaksanaan Praktek Mengajar II adalah mata kuliah wajib yang merupakan lanjutan dari Praktek mengajar I dalam kegiatan ini PM I. Mahasiswa diwajibkan untuk tampil 6 kali pertemuan, yang sebelum pelaksanaan PM II para peserta melakukan berbagai tahapan sebagai berikut:
1.    Pengaruh dari Panitia PM II
2.    Mahasiswa yang mengikuti PM II sebelum terjun ke lokasi praktek, masing-masing diberi arahan sebagai pedoman dalam pelaksanaan PM II
3.    Pertemuan dengan Dosen Pembimbing, bertujuan untuk membicarakan hal-hal yang berkenaan dengan PM II.
4.    Pertemuan dengan pihak sekolah setempat dan dihadiri oleh peserta PM II.
5.    Koordinasi
Dalam hal ini, koordinasi berhubungan langsung dengan Pembimbing II untuk meminta bahan pelajaran dan kelas yang akan ditempati untuk praktek.
Adapun hal-hal yang dilakukan sebelum pelaksanaan PM II, yaitu:
a.    Pembuatan Skenario Pembelajaran sebagai Planning.
b.    Konsultasi mengenai materi yang akan disampaikan pada Pembimbing 1dan II,
c.    Pelaksanaan Praktek Mengajar II di kelas sesuai ketentuan.
Adapun jadwal pelaksanaan Praktek Mengajar II adalah sebagai berikut:
No.
Hari/Tanggal
Kelas
Pukul
Materi
1.
Kamis 14
Oktober  2010.
X-6
06.30 – 08.00 WIB
Perilaku terpuji (pengertian, contoh-contoh husnuzan)
2.
Senin, 25 Oktober 2010.
X-4
11.30 – 13.00 WIB
Perilaku terpuji (membiasakan berperilaku husnuzan)
3.
Senin 30 Oktober 2010.
X-1
11.30 – 13.00 WIB
Iman Kepada Allah SWT (Asmaul Husna)
4.
Senin,  1 November  2010
X-6
11.30 – 12.30 WIB
Keteladanan Rasulullah Pereode mekkah (materi 1)
5.
Jum`at,  26  November 2010
X-3
08.00 – 09.30 WIB
Sumber Hukum Islam
6.
Senin,  29  Nopember  2010
X
11.30 – 13.00 WIB
Keteladanan Rasulullah periode mekkah (materi 2)

Sedangkan Praktek Mengajar II secara rinci terdapat dalam lampiran (RPP).
D.      Proses Pembimbing ( RPP dan Penampilan)
Proses pelaksanaan Praktek Mengajar ini berjalan dengan baik dikarenakan proses pembimbingan Guru antara Guru Pamong (Pembimbing II) dan Pembimbing I berjalan dengan baik dan lancar. Kedua pembimbing selalu bersedia untuk membimbing dan memberikan nasehat, dukungan untuk menuju arah perbaikan pada saat konsultasi pembuatan skenario pembelajaran. Kedua pembimbing juga relatif mudah ditemui dan selalu bersedia melayani dalam proses konsultasi baik itu di kantor maupun di rumah. Dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kami saya selalu berkonsultasi sebelum saya tampil mengajar baik konsultasi dengan Guru Pamong maupun dengan Dosen Pembimbing. Adapun saat setiap penampilan Guru Pamong selalu hadir atau melihat bagaimana proses belajar mengajar di kelas yang saya ajarkan.
E.     Faktor Pendukung dan Penghambat
Dalam pelaksanaan PM II di SMAN 2 Palangka Raya Jl. K.S. Tubun No.2 Palanngka Raya setiap kegiatan tidak lepas dari dua hal yakni adanya unsur penunjang dan penghambat yang menjadi bagian penting dalam pelaksanaan PM II di sekolah.
1.    Faktor Penunjang
Pelaksanaan Praktek Mengajar II berjalan dengan lancar dan baik. Hal ini dikarenakan adanya beberapa faktor penunjang pelaksanaan praktek Mengajar II, diantaranya sebagai berikut:
a.    Kondisi sekolah yang mudah dijangkau dan cukup baik dan layak sebagai tempat pelaksanaan Praktek Mengajar II, karena Kepala Sekolah, Guru­Guru dan juga para siswa bersedia bekerjasama.
b.    Pelayanan konsultasi yang bersifat kekeluargaan
c.    Adanya kebebasan untuk mengembangkan materi dengan mengemukakan contoh yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari serta tanggapan siswa yang antusias terhadap materi yang telah disiapkan.
d.   Sarana dan prasarana sekolah yang cukup memadai sehingga memudahkan mengajar.
e.    Pembimbing I dan Pembimbing II mudah ditemui.
f.     Umumnya siswa memiliki buku paket.
2.    Faktor Penghambat
Faktor penghambat kelancaran Praktek Mengajar II diantaranya sebagai berikut:
a.    Adanya penundaan waktu pelaksanaan PM II yang tidak merata sehingga terlihat kurang kompak.
b.    Pelaksanaan,PM II bertepatan dengan jam kuliah sehingga Mahasiswa tidak bisa tampil saat melaksanakan praktek mengajar.
c.  Ada sebagian siswa yang masih kurang dalam menerima materi disebabkan   oleh terlalu banyaknya siswa dalam satu kelas.
d. Kurang adanya koordinasi antara Pihak Panitia Pelaksana Praktek Mengajar II dengan Pihak Sekolah, sehingga sedikit memperlambat proses observasi.
e. Sekolah  masih memperhitungkan kompetensi mahasiswa (i) PM II, karena masih dalam tahap peningkatan mutu juga status RSBI yang berkaitan langsung dengan kompetensi yang diharapkan oleh pihak sekolah.
F.       Solusi atau Penyelesaian Masalah
1.      Ke depannya Mahasiswa yang ditempatkan di sekolah hendaknya memang manguasai karakter sekolah dan mempunyai kompetensi yang memadai, sehingga  saat di sekolah kegiatan dapat dilangsungkan sesuai dengan keiinginan.
2.      Panitia penyelenggara PM II harus lebih menjalin koordinasi labih awal kepada pihak sekolah, sehingga saat mahasiswa terjun tidak ada kata terlantar (tidak disambut).
3.      Dalam hal pengorganisasian hendaknya pantia lebih selektif dalam menempatkan mahasiswanya, sehingga sekolah lebih mudah mengarahkan bukan sebaliknya mahasiswa yang mengarahkan pihak sekolah yang bersangkutan.
4.      Pihak sekolah hendaknya lebih bisa memposisikan mahasiswa sebagai partner kerja yang memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai subjek pembelajar. 
G.    Faktor Penunjang dan Penghambat
1.      Faktor Penunjang
Pelaksanaan Praktek Mengajar II berjalan dengan lancar dan baik. Hal ini dikarenakan adanya beberapa faktor penunjang pelaksanaan Praktek Mengajar II, diantaranya sebagai berikut:
a.    Kondisi sekolah yang mudah dijangkau dan cukup baik dan layak sebagai tempat pelaksanaan Praktek Mengajar II, karena Kepala Sekolah, Guru­ Guru dan juga para siswa bersedia bekerjasama.
b.    Sarana dan prasarana sekolah yang cukup memadai sehingga memudahkan mengajar.
c.    Khususnya mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa memiliki buku paket.
2.      Faktor Penghambat
Faktor penghambat kelancaran Praktek Mengajar II diantaranya sebagai berikut:
a.    Jumlah siswa dalam satu kelas terlalu banyak sehingga siswa dalam menerima materi kurang efektif.
b.    Adanya sebagian siswa yang masih kurang dalam membaca ayat-ayat AI­Qur'an.
c.    Kurang adanya koordinasi antara Pihak Panitia Pelaksana Praktek Mengajar II dengan Pihak Sekolah, sehingga sedikit memperlambat proses observasi









BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang dapat di ambil dari pembahasan di atas adalah :
1. Praktek  mengajar II merupakan mata kuliah yang wajib di tempuh oleh mahasiswa STAIN Palangka raya, setelah melaksanakan praktek mengajar I yang bertempat di kampus.
2. Dengan adanya praktek mengajar II seseorang calon guru dapat menjadi guru yang professional baik di bidangnya maupun di bidang-bidang yang lain.
3. Praktek mengajar II dapat terlaksana dengan baik karena adanya beberapa factor yang mendukung, antara lain kondisi sekolah yang cukup kondusif, tersedia sarana dan prasarana di sekolah serta adanya hubungan kerja sama yang baik antara Mahasiswa yang praktikan dengan pembibmbing I, pembimbing II maupun dari pihak sekolah.
4. Selain faktor pendukung di atas, juga terdapat beberapa factor yang menghambat yaitu masih ada beberapa siswa yang kurang mampu membaca ayat-ayat Al-Qur’an.
B.       Saran-Saran
1. Bagi panitia pelaksana Praktek mengajar II, jadwal pelaksana praktek mengaja II menyesuaikan dengan kondisi sekolah dan kondisi mahasiswa, sehingga tidak terjadi penundaan pelaksanaan.
2. mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah praktek mengajar II hendaknya mempersiapkan diri dengan semaksimal mungkin yang mempunyai wawasan pengetahuan dan keterampilan-keterampilan dalam mengajar.





KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, akhirnya Mahasiswa Praktikan dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Hasil Praktek Mengajar II yang dilaksanakan di SMAN 2 Palangka Raya dengan lancar. Shalawat serta salam selalu tercurah kehadirat junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.
Laporan ini di buat dan di susun dalam rangka mengikuti Program Mata Kuliah Praktek Mengajar II (Micro Teaching) dan juga sebagai pelengkap dan sumber informasi tertulis dalam pelaksanaan Praktek Mengajar II.
Dalam kesempatan ini, penulis ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.    Bapak DR. H. Khairil Anwar, M.Ag, selaku Ketua STAIN Palangka Raya.
2.    Ibu Dra. Badah Sari selaku Kepala Sekolah SMAN 2 Palangka Raya.
3.    Panitia PM II.
4.    Bapak Drs. Fahmi, M.Pd selaku Pembimbing I.
5.    Bapak Drs. M. Juwaini Sabrie selaku Pembimbing II
6.    Seluruh Dewan Guru dan Stap Tata usaha SMAN 2 Palangka raya.
7.    Seluruh siswa dan siswi SMAN 2 Palangka raya.
8.    Teman-teman sessama Praktikan dan semua pihak-pihak yang membantu pelaksanaan Praktek Mengajar II.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekeliruan baik itu dari segi isi maupun pengetikan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik dari semua pihak demi perbaikan yang lebih baik untuk yang akan datang. Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.
Wassalamu’alaikumWr. Wb.
Palangka Raya,  5  Desember   2010
Mahasiswa Praktikan,
Ahmad Syarif
DAFTAR ISI


Halaman


COVER DEPAN
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR................................................................................      i
DAFTAR ISI...............................................................................................     ii

BAB   I      PENDAHULUAN
A.      Pengertian Praktek Mengajar II........................................       1
B.       Fungsi dan Tujuan Praktek Mengajar II............................      2
C.       Kedudukan dan Status......................................................      2

BAB   II    PELAKSANAAN PRAKTEK MENGAJAR II
A.    Orientasi.............................................................................      4
B.     Observasi Sekolah..............................................................      4
C.     Gambaran Singkat Tempat Praktik Mengajar II................       4
D.    Pelaksanaan Praktek Mengajar II.......................................      4
E.     Proses Pembimbingan.........................................................      6
F.      Faktor Pendukung dan Penghambat...................................     6
G.    Solusi atau Penyelesain Masalah........................................      7

BAB   III   PENUTUP
A.    Kesimpulan.........................................................................      9
B.     Saran – saran.......................................................................      9

LAMPIRAN – LAMPIRAN.



















LAPORAN PRAKTIK MENGAJAR II (PM II)




Mahasiswa Praktikkan
Ahmad Syarif
NIM: 0701110782


Dosen Pembimbing
Drs. Fahmi, M.Pd
NIP: 196105201999031003

Pembimbing II
Drs. M. Juwaini Sabrie
NIP : 195808141991121001





KEMENTRIAN AGAMA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PALANGKA RAYA TARBIYAH/PAI
TAHUN 2010 M/1432 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar